Home  >  Our Partner’s  > 6 Cara GUA Optimasi Shopee untuk Menaikkan Penjualan

6 Cara GUA Optimasi Shopee untuk Menaikkan Penjualan

By GUA – 15 September 2023

Optimasi Shopee

Apa itu Optimasi Shopee (Marketplace) ?

Optimasi marketplace adalah mengusahakan atau mengoptimalkan penjualan yang dilakukan di toko-toko daring, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan sebagainya dengan tujuan menaikkan performa toko dari sisi penjualan maupun dari sisi branding. Hal ini dapat dilakukan dari segi SEO maupun SEM dan dilakukan sedemikian rupa sehingga ketika calon pembeli mengetikkan sebuah produk, produk kita yang akan muncul paling atas. 

Berikut adalah hasil performa Optimasi Shopee untuk brand SukaNyemil

Optimasi Shopee Naikkan Penjualan Sukanyemil

SukaNyemil adalah brand yang bergerak di penjualan produk cemilan, yang baru melakukan Optimasi Shopee melalui jasa GUA di bulan Juni 2023.
dibulan Juli 2023 terjadi kenaikan Penjualan 372%. Dan dibulan Agustus 2023 terjadi kenaikan Penjualan 171%.

Performa ads Optimasi Shopee SukaNyemil
Performa ads Optimasi Shopee SukaNyemil

Gambar diatas adalah performa ads yang terjadi di bulan Juli 2023 dan Agustus 2023 dengan kenaikan ROAS (Return of Ad Spend) yang siginifikan.
dan ditambah faktor Organik juga terstimulus dengan baik.

Bagaimana optimasi shopee (marketplace) ala GUA?
Berikut 6 cara optimasi shopee (marketplace) oleh GUA yang akan kami jabarkan satu per satu.

Cara GUA Optimasi Shopee pada Brand SukaNyemil

optimasi shopee Sukanyemil
Gambar : Optimasi Shopee SukaNyemil

1. Update Toko untuk Optimasi Shopee

Langkah pertama atau yang sangat awal sekali harus dilakukan bagi para seller untuk membenahi marketplacenya adalah update toko.
Layaknya toko fisik atau toko offline, bila penataan barang amburadul atau berantakan, hal ini akan menurunkan minat dari pembeli yang mampir di toko kita.
Makanya, penting bagi para seller untuk merapihkan toko terlebih dahulu di awal mereka berjualan.

a. Mengoptimasi Halaman Produk

Perhatikan etalase dari barang yang hendak dijual, lalu penamaan barang-barang, serta harga-harga yang dicantumkan apakah seragam dengan barang sejenisnya. Pastikan tidak ada salah kata atau typo di dalamnya.

b. Mengoptimasi Foto Produk

Nyatanya, penggunaan foto produk yang berlebihan justru tidak selalu membantu. Buatlah desain foto produk yang dipasang menjadi simpel, namun menggunakan warna-warna brand. Bila hal ini dilakukan pada semua produk, calon pembeli perlahan-lahan akan mengasosiasikan warna tersebut pada produk/brand anda.

2. Optimasi Harga

Calon pembeli akan lebih menyukai harga dengan embel-embel diskon, dibanding harga normal.
Walaupun harga diskon yang ditampilkan sebetulnya tidak terlalu jauh dari harga normal.
Di beberapa kasus, beberapa perusahaan bahkan menaikkan harga produk mereka untuk kemudian dipotong diskon menjadi harga normal untuk menimbulkan efek seolah-olah produk mereka sedang diskon, tetapi tidak berlebihan.

3. Optimasi Ulasan (Rating)

Mintalah rating dan ulasan dari semua pembeli anda yang telah menyelesaikan pembelian.
Anda bisa memberi tau mereka bahwa bila mereka menulis rating atau ulasan, pembelian berikutnya akan anda beri diskon dan sebagainya.
Rating sebuah produk yang tinggi, dan ulasan yang banyak pada sebuah produk akan meningkatkan daya jual produk anda.
Pembeli cenderung memilih toko yang sudah memiliki penjualan dibanding toko yang masih baru, walaupun harga yang ditawarkan di toko baru lebih murah.

Perlu diperhatikan pada kasus toko baru, bahwa pembeli juga memperhatikan Ulasan dan Rating termasuk jumlah terjual untuk menentukan keputusan mereka membeli produk anda atau tidak.
Oleh Karena itu untuk toko baru disarankan membentuk orderan mandiri terlebih dahulu dengan keluarga atau kerabat untuk membentuk ulasan, rating, dan jumlah terjual di awal toko anda.

4. Memanfaatkan Fitur Shopee

Untuk melakukan Optimasi Shopee selanjutnya adalah mmemanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan Shopee.
Shopee banyak menyediakan fitur-fitur yang memudahkan penjual untuk dapat memikat hati para calon pembeli.
Berikut kami jelaskan beberapa fitur dari shopee yang dapat anda gunakan untuk optimasi toko anda.

a. Fitur Gratis Ongkir Xtra

Fitur gratis ongkir xtra dari shopee ini memungkinkan anda memberikan potongan yang lebih besar untuk biaya pengiriman untuk dibagikan ke calon pembeli yang akan membeli produk anda.
Hal ini bisa menjadi daya tarik karena anda menawarkan biaya kirim yang lebih murah dibanding kompetitor anda.

b. Fitur Cashback Xtra

Fitur cashback ini juga dapat anda gunakan untuk memikat calon pembeli di toko anda.
Pembeli dapat menggunakan voucher ini untuk mendapatkan cashback berupa koin shopee yang bisa digunakan untuk pembelian selanjutanya di shopee.

c. Fitur Iklanku

Fitur iklanku atau ads ini dapat menaikkan visibilitas brand anda di shopee.
Fitur ini akan menggiring banyak calon pembeli untuk hadir di toko anda sehingga brand atau produk anda akan menjadi top of the mind bagi mereka.
Sehingga ketika mereka memikirkan sebuah produk, yang terlintas di benak mereka adalah brand anda.

d. Shopee Video

Shopee Video adalah video yang bisa anda pasang di toko anda sebagai salah satu penarik calon pembeli.
Di video ini anda bisa memperlihatkan produk anda dengan lebih detail, serta bisa anda jelaskan semua kelebihan-kelebihan dan penggunaanya.

e. Shopee Live Streaming

Shopee live treaming saat ini sangat digandrungi dan menjadi salah satu cara berjualan yang bisa dipertimbangkan.
Untuk beberapa sesi live pertama mungkin anda belum mendapatkkan pembeli dari live, namun ini adalah investasi jangka panjang, sehingga hal ini harus dilakukan berulang secara konsisten dalam waktu yang sama.

5. Memanfaatkan Fitur Promosi untuk Optimasi Shopee

Ada beberapa fitur promosi yang disediakan Shopee untuk membantu penjualan yang bisa kita gunakan sebaik mungkin.
Beberapa diantaranya digunakan oleh GUA untuk menaikkan sales dari e-commerce SukaNyemil. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Promo Shopee, yaitu campaign diskon yang dibuat oleh Shopee untuk seller-seller pilihan.
  2. Voucher Shopee, adalah campaign voucher diskon yang disarankan oleh shopee untuk diikuti oleh seller
  3. Promo Toko, campaign diskon ini dibuat dari seller langsung.
  4. Flash Sale Toko, memeberikan potongan dalam waktu beberapa jam saja.
  5. Paket Diskon, memberikan diskon bundling untuk 2 atau lebih produk yang sudah ditentukan.

Dan beberapa lainnya.

6. SEM (Search Engine Marketing) atau SEO (Search Engine Optimization)

SEM (Search Engine Marketing) atau SEO (Search Engine Optimization) juga dapat digunakan untuk menggiring para calon pembeli di marketplace kita. Bagaiman Caranya?

a. Riset Kata Kunci

Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah meriset kata kunci yang berhubungan dengan produk anda.
Kata mana yang besar volumenya yang dapat anda gunakan? Penggunaan kata kunci yang banyak dicari orang akan membuat produk anda akan sering muncul juga.
Dan yang tidak kalah pentingnya adalah kata kunci harus relate dengan produk anda.

b. Memanfaatkan LSI di Bagian Deskripsi

LSI atau Latent Semantic Indexing adalah kata-kata atau kalimat yang dianggap relevan secara semantik oleh mesin pencari.
Jadi dalam penulisan deskripsi produk anda, usahakan diisi dengan kata-kata atau kalimat yang relevan sehingga ketika calon pembeli mengetikkan sebuah kata yang tidak anda cantumkan, tapi produk anda akan tetap muncul karena relevan dengan apa yang pembeli cari.

c. Menggunakan Long Tail Keyword

Penggunaan long tail keyword dalam judul dapat menaikkan produk anda menjadi nomor satu di mesin pencarian ketika pembeli menggunakan kata produk yang spesifik dan panjang.
Karena long tail keyword cenderung lebih relate dengan produk kita.

GUA Bisa Bantu Meningkatkan Penjualan Kalian

Penjualan di marketplace kalian lesu? Bisa banget GUA bantu. Kami bisa bantu untuk handling semua jenis marketplace kalian, gak hanya Shopee.
Di prosesnya, kami juga akan mengajarkan tips dan trik nya agar di masa depan bisa diaplikasikan sendiri oleh kalian.

Yuk ngobrol dulu, gratis kok!

Artikel Terkait
LOGO yang baik dan benar
Cara Membuat Logo yang Baik dan Benar
Landing Page Go Up Agency GUA
Apa itu Landing Page? Pengertian, Fungsi dan Tips GUA untuk membuat Landing Page
GO UP! AGENCY (G.U.A)
– Your Growing Partner! –
Contact Us :
📞 0812 8883 9915  |  📧 gua@goupagency.id

Copyright ©️ 2023 Go Up! Agency (GUA).
All Right Reserved