Home > GUA Partner’s > Cara Membuat Logo yang Baik dan Benar
By GUA – 20 Juni 2023
Logo merupakan sebuah identitas yang tersemat dalam sebuah perusahaan atau sebuah lembaga. Maka dalam pembuatannya, logo tidak bisa ‘asal jadi’ atau tidak dipikirkan secara matang. Logo yang baik memiliki arti dan makna yang sejalan dengan visi misi perusahaan.
Lalu, seperti apa logo yang baik dan benar itu?
Logo yang baik dan benar adalah logo yang unik, mudah diingat, serba guna dan tahan lama.
Logo unik adalah logo yang bisa jadi pembeda antara perusahaan/lembaga anda dengan perusahaan lainnya.
Lalu mudah diingat, logo yang baik adalah logo yang mudah diingat masyarakat sehingga ketika seseorang melihat sebuah gambar atau bentuk, ia bisa mengasosiasikan bentuk/gambar tersebut ke produk anda.
Berikutnya serba guna, yang dimaksud dengan serba guna di sini adalah penempatan logo anda bisa dipakaikan di mana-mana.
Yang terakhir tahan lama, logo yang baik dan benar adalah logo yang dapat bertahan lama, sehingga anda tidak perlu mengganti logo anda untuk bertahun-tahun ke depan.
Sebelum membuat logo, kenali visi dan misi dari perusahaan anda dengan baik sehingga pembuatan logo dapat mengikuti visi dan misi dari perusahaan yang anda miliki.
Selain itu juga ketahui Value Propotion (VP) & Unique Selling Point (USP) serta Target Audience dari perusahaan juga sangat penting.
Elemen-elemen yang terkandung dalam logo yang hendak anda buat, hendaknya menggambarkan perusahaan anda. Anda bisa menggunakan cangkir dan biji kopi kalau bisnis anda seputar cafe.
Pemilihan warna dan font sangat krusial dalam pembuatan logo. Warna misalnya, dapat mempengaruhi emosi dari calon customer anda.
Lalu pemilihan font, tidak bisa sembarangan, sebagai contoh untuk perusahaan yang bergerak di bidang alat berat tidak cocok menggunakan handwritten font, karena terkesan tidak kuat atau tidak kokoh.
Terdapat dua jenis logo, yaitu logo tulisan atau logo gambar. Pilih yang menurut anda dapat mewakilkan perusahaan anda. Anda juga dapat menggunakan keduanya secara bersamaan namun hati-hati dalam mendesainnya.
Gunakan desain yang menarik. Hal ini berguna agar customer dapat mengingat prodak anda ketika melihat logo anda. Namun yang harus diinghat adalah desain ini juga harus tahn lama, agar anda tidak perlu mengganti logo anda terus menerus.
Sebuah logo harus simpel. Terdiri dari beberapa elemen saja. Jika terlalu banyak, ini akan membuat orang-orang bingung dengan logo anda
Logo juga harus aplikatif. Meski dibesarkan seukuran billboard atau dikecilkan untuk ditempel di pulpen atau pensil, logo anda harus tetap terlihat jelas
Yang terakhir, logo anda harus disiapkan secara hitam putih juga, dan harus tetap menarik. Sehingga bila produk anda diiklankan di surat kabar, logo anda tetap jelas terasosiasikan dengan perusahaan anda.
Di awal membuat logo, anda dapat memperhatikan logo-logo dari perusahaan/instansi besar. Bila anda suka pada sebuah logo tertentu dari sebuah perusahaan, anda dapat memasukkan elemen-elemen yang ada pada logo ciptaan anda, namun jangan menirunya secara sama atau hanya merubahnya sedikit. Hal ini akan membuat customer anda merasa bahwa perusahaan anda tidak kreatif.
Setelah anda memperhatikan logo-logo yang ada di sekitar anda, cobalah untuk membuat beberapa sketsa dasar menggunakan pensil. Perlu diingat bahwa logo anda sebaiknya menggambarkan visi dan misi dari perusahaan milik anda. Lalu, perhatikan pula pasar bisnis anda, apakah kebanyakan dari konsumen anda adalah laki-laki, atau perempuan. Anak kecil atau remaja, atau dewasa. Tentukan pula apakah anda akan memasukkan nama perusahaan di dalam logo anda atau tidak.
Perlihatkan hasil desain anda ke orang-orang dan minta pendapatnya. Anda juga bisa meminta beberapa pendapat dari calon konsumen anda. Anda bisa menanyakan apakah hasil desain sketsa logo anda sudah dapat menggambarkan produk dari bisnis anda. Namun, jangan terlalu terpaku pada pendapat orang lain, karena terlalu banyak masukan pada logo anda, justru akan membuat logo anda menjadi tidak konsisten.
Bila anda sudah memiliki sketsa yang sudah final, cobalah membuatnya menjadi berwana dengan memasukkan warna-warna dari perusahaan anda. Bila belum memiliki palet warna, anda bisa mencari contoh-contoh palet warna yang tersedia di internet.
Pembuatan logo yang baik dan benar bagi sebagian orang merupakan hal yang tidak sulit, namun yang sulit adalah memasukkan sebuahi visi dan misi yang dimiliki perusahaan tersebut ke dalam logonya. Lalu, tidak semua orang dapat menggambar atau mendesain. Tentu bila kita tidak memiliki dasar dalam menggambar/mendesain, membuat logo akan menjadi sulit.
Berikut Portofolio Logo dari Go Up! Agency (G.U.A) :
Untuk itu, G.U.A hadir sebagai konsultan sekaligus jasa bagi kalian yang ingin membuat logo, namun tidak bisa desain ataupun belum bisa menemukan logo yang tepat. G.U.A bisa membantu anda untuk menentukan Visi dan Misi, serta mencari USP dan VP perusahaan anda untuk dapat dimasukkan juga ke dalam sebuah logo.