Home  >  Our Partner’s  > Portofolio Landing Page Go Up! Agency (GUA)

Apa itu Landing Page? Pengertian, Fungsi dan Tips GUA untuk membuat Landing Page

By GUA – 21 Agustus 2023

Bagi sebagian pebisnis, khususnya bagi yang baru memulai bisnisnya, mungkin asing dengan istilah landing page. Bahkan bagi para pebisnis yang sudah berbisnis lama pun, masih ada yang tidak familiar dengan kata landing page. Namun apa itu landing page? Apa manfaat landing page bagi para pebisnis?  Bagaimana cara membuat landing page? Serta bagaimana seharusnya landing page itu dibuat?

Berikut adalah beberapa Website termasuk Landing Page yang sudah dibuat oleh Go Up! Agency (GUA) : 
– Website ini sendiri : www.goupagency.id
– s.id/sukanyemil
www.zifampinnacleindonesia.com
www.segarpagi.com
www.revver.co.id
– www.inspira.academy
– www.inspira.technology
– www.textek.id
– www.3technology.net
– www.global-solusi.co.id
– etc

Landing Page Go Up Agency GUA
Gambar : Portofolio Landing Page Go Up! Agency (GUA)

Apa itu Landing Page?

Landing page adalah halaman website yang digunakan untuk tujuan tertentu yang berisi satu atau dua CTA atau Call to Action di dalamnya.
Berbeda dari homepage dari sebuah website, landing page digunakan untuk menunjukkan sebuah campaign tertentu, entah itu promo produk, product launching dan lainnya.
Landing page dibuat atau didesain khusus dengan mindset marketing.
Sebab, dari landing page, orang-orang dapat menemukan jawaban dari apa yang dicarinya dari paid search, atau pencarian berbayar.

Landing page, membuat pengalaman orang-orang yang mengunjungi website kita menjadi mudah dan menyenangkan.
Bila itu terjadi, besar kemungkinan orang-orang ini akan lama tinggal di website dan membeli produk-produk/menggunakan jasa kita.
Itulah mengapa, menggunakan landing page juga bisa menjadi strategi untuk Conversion Rate Optimization. L

Fungsi Landing Page

Setidaknya ada empat fungsi dari landing page.
Yang pertama, untuk meningkatkan traffic website.
Yang kedua, meningkatkan conversion rate.
Yang ketiga, mendapatkan lead dari pengunjung. Dan yang terakhir adalah sebagai tempat promosi.

  1. Meningkatkan Traffic Website
    Dengan meningkatnya traffic dari website, hal ini akan berpengaruh pada meningkatnya awareness dari brand tertentu. Ini juga akan bisa meningkatkan enggagement pada brand kita.
  2. Menaikkan Conversion Rate
    Bila landing page dibuat untuk menjual produk/jasa tertentu, bukan tidak mungkin orang yang mampir ke landing page tersebut membeli barang/jasa yang kita tawarkan, ini bisa menaikkan conversion rate dari perusahaan kita.
  3. Mendapatkan Data Lead Pengunjung
    Data lead pengunjung merupakan salah satu hal yang penting yang bisa didapatkan dari pembuatan landing page.
    Dalam landing page, kita bisa meminta data lead seperti nama, alamat, email, dan nomor telfon.
    Hal ini berguna untuk media promosi kita di masa depan.
  4. Sebagai Media Promosi
    Landing page dapat diisi dengan sebuah promosi tertentu.
    Baik potongan harga ataupun promosi sebuah produk/jasa baru.
    Landing page dapat berfokus ke sebuah produk tertentu tanpa mengganggu produk lainnya.

 

Apakah Landing Page dan Homepage sama?

Perbedaan-perbedaan antara Landing page dan Home page sangat banyak, bila dijelaskan secara langsung, konsepnya agak sulit dimengerti.
Maka dari itu, akan kami jabarkan bagaimana Landing Page dan Home Page bekerja agar lebih jelas perbedaannya.

Karakteristik Home Page:

  • Tampil sebagai halaman utama dari sebuah website
  • Biasanya adalah halaman yang paling pertama muncul ketika membuka sebuah website
  • Menampilkan semua navigasi untuk ke semua halaman dari website tersebut
  • Pengunjung website dapat melihat semua jasa/produk yang ditawarkan di website tersebut

 

Karakteristik Landing Page

  • Landing page memiliki fungsi khusus ketika diciptakan
  • Mendorong pengunjung untuk fokus pada 1 produk/jasa yang ditawarkan, dan menimbulkan urgensi pada produk yang ditampilkan
  • Landing page juga dapat mengajak pengguna untuk melakukan aksi tertentu, seperti membeli produk, mengisi formulir, atau mempelajari informasi yang dimasukkan ke dalam landing page tersebut.

Tipe-tipe Landing Page

Ada setidaknya 4 jenis macam landing page yang selama ini digunakan oleh beberapa perusahaan.

  1. Lead generating landing Page
    Landing page jenis ini mendatangkan Lead. lead yang dimaksud adalah data atau informasi seputar pengunjung landing page kita yang tertarik oleh produk/jasa yang kita tawarkan. Biasanya pengunjung akan diminta data berupa nama, nomor telfon, dan/atau email, bahkan terkadang username sosial media.
  2. Click through Landing Page
    Landing page ini adalah landing page yang berisi promosi atau potongan harga untuk produk/jasa yang kita tawarkan. Landing page ini bertujuan untuk menimbulkan urgensi untuk pengunjung agar segera membeli/memesan apa yang kita tawarkan.
  3. Explainer Landing Page
    Landing page ini biasanya lebih panjang dari 2 jenis landing page di atas. Landing page ini berisi detil informasi dari sebuah produk/jasa yang kita tawarkan. Explainer landing page menampilkan manfaat dan fitur untuk memikat pengunjung website kita. 
  4. Product Detail Landing Page
    Landing page ini berisi informasi yang mendetil mengenai sebuah produk tertentu. Biasanya landing page jenis ini membuat pengunjung agar segera langsung membeli produk yang ditawarkan tersebut.

Tips Membuat Landing Page

  1. Headline yang menarik
    Buatlah headline yang menarik, padat, dan jelas. Headline ini harus menjelaskan isi dari landing page tersebut secara garis besar. 
  2. Pendek dan Simpel
    Deskripsi yang ditulis diusahakan sesimpel mungkin namun tetap padat dengan informasi. Hal ini akan memudahkan pengunjung website dalam memahami isi dari Landing page tersebut. 
  3. Tampilkan keunggulan dari produk/jasa yang ditawarkan
    Jelaskan keunggulan dan kelebihan yang dimiliki dari produk/jasa dengan jelas. Hal ini akan membuat pengunjung website tadi akan lebih paham tentang produk yang ditawarkan sehingga menimbulkan ketertarikan atas produk/jasa yang ditawarkan. 
  4. Tampilkan gambar atau video
    Penambahan gambar atau video pada landing page dapat meningkatkan konversi pada penjualan produk/jasa yang ditawarkan. Pengunjung website akan lebih menyukai landing page yang diisi oleh foto-foto dan video tentang produk/jasa yang ditawarkan. 
  5. Tampilkan testimoni pelanggan
    Testimoni -testimoni dari para pembeli yang dulu dapat meyakinkan calon pembeli dari produk/jasa kita
  6. Timestamp
    Menggunakan timestamp dapat menimbulkan urgensi pada calon pembeli produk kita. Timestamp dapat menggunakan hitungan mundur atau tanggal promosi habis.
  7. Tombol CTA
    Dengan adanya CTA, ini akan memudahkan pengunjung untuk segera membeli produk yang ditawarkan. Sehingga diharapkan conversion rate akan menjadi tinggi.

Membuat Landing Page bersama Go Up! Agency (GUA)

GUA mengerti bahwa pembuatan landing page atau website tidak untuk semua orang.
Tidak semua orang bisa paham atau mengerti tentang pengaturan atau pembuatan website dan atau landing page.
Maka dari itu, kami dari Go Up! Agency menawarkan jasa pembuatan landing page untuk anda yang bingung untuk memulai untuk membuat di mana.

Namun ada baiknya sebelum pembuatan, anda bisa memahami beberapa hal tentang landing page yang akan dibuat terlebih dahulu sehingga di akhir, anda dapat menentukan hal-hal apa yang harus dievaluasi.

Berikut kami jelaskan proses untuk pembuatan landing page bersama GUA apabila anda memilih untuk menggunakan jasa kami.

Menentukan Tujuan Landing Page

Ada 4 pilihan untuk pembuatan landing page, yaitu:

  • Lead generation: mengumpulkan lead, atau data-data customer atau calon customer yang tertarik dengan produk/jasa kita.
  • E-Commerce: menjual atau menjelaskan suatu produk atau layanan secara spesifik.
  • Viral Marketing: menyebarkan informasi tentang suatu produk atau layanan
  • Branding: menciptakan imej atau kesan yang kuat pada calon customer

Menentukan Target Audiens

Menentukan target audiens sejak awal pembuatan membantu partner untuk membuat landing page yang baik.
Hal ini dikarenakan dengan penentuan target audiens dari awal, partner bisa menyesuaikan dengan desain untuk landing page yang digunakan agar audiens yang tertarget merasa relevan dengan landing pagenya.
Bersama GUA akan membantu untuk menentukan Target Audiens sesuai dengan Value dan Uniq Point yang dimiliki.

Pilih Desain Landing Page

Selanjutnya pilih desain landing page anda.
Kita bisa mendapatkan inspirasi dari landing page yang sudah ada.
Namun sesuaikan desain yang anda pilih sudah sesuai dengan Identitas perusahaan anda.

Diskusi Mengenai Copy Bersama Kami

Dalam pembuatan copy atau tulisan-tulisan di dalam landing page, pastikan agar visual dan teks yang ada seimbang.
Sehingga memudahkan audiens untuk mendapatkan informasi yang anda berikan.
Hal ini dapat anda diskusikan bersama kami agar mendapat hasil yang maksimal. 

Proses Pembuatan Landing Page

Setelah semua informasi tadi terkumpul, GUA akan langsung memproses landing page anda.
Proses pembuatan landing page bersama kami membutuhkan setidaknya waktu sekitar 1 minggu.
Setelah itu, kami akan kembali menghubungi anda ketika landing page siap digunakan.
Dalam proses penggunaannya juga akan kami bantu, sehingga anda tidak perlu bingung atau pusing untuk memasang landing page yang baru selesai.

After Services Oleh GUA

Bila setelah berjalannya landing page anda masih memiliki kendala, atau memiliki hal-hal yang ingin ditanyakan, atau bahkan landing page yang sudah berjalan muncul pesan error yang tidak anda mengerti, jangan takut untuk menghubungi kami.
Segala pekerjaan yang kami kerjakan memiliki garansi.
Tim kami yang bersangkutan akan segera membantu anda.

Artikel Terkait
LOGO yang baik dan benar
Cara Membuat Logo yang Baik dan Benar
Optimasi Shopee
6 Cara GUA Optimasi Shopee untuk Menaikkan Penjualan
GO UP! AGENCY (G.U.A)
– Your Growing Partner! –
Contact Us :
📞 0812 8883 9915  |  📧 gua@goupagency.id

Copyright ©️ 2023 Go Up! Agency (GUA).
All Right Reserved