Home  >  Our Partner’s  > Optimasi Iklan Facebook Ads hingga Conversion

Optimasi Facebook Ads hingga Conversion

By GUA – 17 Oktober 2023

Indonesia merupakan negara yang penduduknya aktif dalam menggunakan platform sosial media, diantaranya adalah facebook dan instagram. Hal ini bisa menjadikan facebook dan instagram sebagai tempat untuk mengiklankan produk dan usaha yang anda buat. Pernahkah anda terfikirkan untuk membuat facebook ads dan instagram? Kali ini kita akan perlihatkan Optimasi Facebook ads yang GUA lakukan terhadap Halopewt untuk industri “Pet Services”.

Facebook ads GUA

Facebook ads atau META ads

Facebook ads atau yang sekarang disebut META ads adalah salah satu media promosi iklan yang dapat dipasang di dalam platform facebook dan instagram berbentuk tulisan, gambar, atau video. Biasanya terpasang di sidebar pinggir kanan atau di antara post-post yang anda scroll. Pemasangan facebook ads memiliki berbagai tujuan. Seperti halnya iklan pada umumnya, iklan-iklan di facebook memiliki tujuan untuk meningkatkan awareness atau impression bagi perusahaannya, mencari leads, mencari traffic dan lain sebagainya.

Penambahan pengguna facebook di seluruh dunia, khususnya Indonesia, menjadi sebuah tempat yang bagus untuk beriklan secara luas namun tetap terpantau kualitasnya, tidak seperti beriklan di baliho atau di media cetak/media elektronik. Apalagi ketika para kompetitor anda sudah mulai beriklan di facebook, tentu saja anda tidak boleh tertinggal.

Facebook Ads ala GUA

GUA sebagai agensi digital marketing pernah menjalankan ads di Meta untuk partner pet store kami. Kami menjalankan beberapa iklan, termasuk A/B testing untuk menentukan iklan mana yang paling berhasil bagi klien kami. Bagaimana tahapan kami dalam membuat ads tersebut? Berikut kami jabarkan caranya hingga ads ala GUA bisa tayang dan menghasilkan seperti gambar dibawah ini (hasil dibawah dicapai dalam waktu seminggu pertama melakukan Facebook ads) :

hasil facebook ads GUA

A. Objective ads atau Tujuan Iklan

Untuk di awal, GUA beserta klien menentukan apa yang diinginkan dari iklan di facebook ini. Klien meminta untuk mendapatkan leads dengan cara audiens pergi ke website yang sudah disediakan dan memasukkan data dirinya di website tersebut untuk menjadi database klien yang nantinya akan dihubungi kembali.

B. Target Audience

Setelah itu, kami dan klien menentukan target audiens yang ingin dicapai adalah audiens seperti apa. Kami membuat 2 ad set dengan perbedaan di gendernya. Tentu saja iklan yang dipasang juga berbeda setiap ad setnya. Selebihnya sama, tinggal di Jakarta, berumur dari 21-50 tahun, dengan interest Cats, Dogs, dan Pets. 

Mengapa dibuat sangat broad? Karena klien kami masih belum punya data pasarnya seperti apa. Belum pernah beriklan dan sosial medianya masih belum banyak engagement. 
Details ada di gambar di bawah ini :

target audience gua

C. Menentukan Budget

Klien menetapkan untuk budget sebesar seratus ribu setiap harinya. Di awal kami menetapkan audiens yang broad. Setelah berjalan beberapa hari, kami menambahkan custom audiens dengan tipe audiens yang sudah pernah visit website Halopewt, sudah pernah ada engagement dengan Instagram Halopewt, atau sudah pernah engagement dengan facebook page Halopewt. 

Di hari kami menambahkan custom audience, kami membagi budget setengahnya untuk tetap menjalankan ads dengan audience broad seperti di awal, jadi lima puluh ribu untuk audience broad, lima puluh ribu setengahnya budget untuk custom audience.
Details ada terlihat di gambar di bawah ini :

Budget facebook ads GUA

D. Campaign Structure

Sukses tidaknya anda dalam memasang iklan di facebook dipengaruhi juga dengan anda menyusun ads campaign. Seperti dalam funnel marketing, setiap ads ada baiknya disasar untuk tiap-tiap audiens. Berikut fitur untuk anda gunnakan dalam level-level marketing anda.

Campaign

Dalam level ini, anda akan diminta menentukan apa tujuan anda beriklan seperti yang sudah dijelaskna di atas. Ada 6 objektif yang dapat anda pilih, diantaranya adalah:

  • Awareness
  • Traffic
  • Engagement
  • Leads
  • App promotion
  • Sales

Ad Set

Di level ini anda harus memilih tipe audiens yang akan diberikan iklan yang akan anda pasang. Berikut pilihan pengaturan yang harus anda atur:

  • Locations atau lokasi: Pilih lokasi tempat tinggal dari audiens.
  • Age atau usia: Pilih range usia audience yang akan melihat iklan.
  • Gender atau jenis kelamin: Pilih jenis kelamin yang akan ditarget (pria, wanita, semua gender)
  • Detailed targeting: Minat (interests), demografi (demographics), dan perilaku (behaviors). 
  • Languages atau bahasa: Bahasa yang digunakan oleh audiens di akun Facebook atau Instagram.
  • Advantage+ placements atau Automatic placements: memberikan kebebasan bagi algoritma Facebook untuk memilih penempatan iklan kita (misal di Facebook, Instagram, atau yang lainnya).
  • Manual placements: Memilih sendiri penempatan iklan

Ads

Dalam Ads, anda bisa mengatur semua aset iklan anda baik gambar maupun video, Semua konten iklan kita dibedakan di level ini agar kita dapat mengetahui performa dari tiap video atau gambar yang kita pasang sebagai iklan. Di level ads kita juga mengatur destinasi user saat mereka mengklik iklan kita.

Menyiapkan Ads Creative

Tentu saja pada saat anda hendak memasang iklan di facebook, anda harus punya iklan yang sudah siap dipasang. Namun bagaimana bila anda belum ada iklan yang siap tayang karena kehabisan ide? Di sini anda bisa menggunakan Facebook Ad Library. Di dalamnya anda bisa melihat iklan-iklan yang digunakan dari competitor anda, melihat copywriting, serta CTAnya agar bisa anda tiru.

E. Day to day Optimization

Setelah mengeset iklan dengan pembagian iklan seperti di atas, kami melakukan day to day optimization. Hal ini dilakukan untuk melihat perkembangan facebook ads yang sedang berjalan. Ad set mana yang performanya baik dan mana yang kurang, lalu apa yang perlu dilakukan untuk ad set yang kurang perform. Ini bisa dilakukan dengan stop ads, mengganti ad creative, menambahkan budget atau hanya dijalankan di jam-jam tertentu.

Hasil Facebook ads berjalan di minggu pertama.

Di minggu pertama campaign, Halopewt mendapatkan beberapa leads yang diinginkan. Untuk awalan, hal ini bisa menjadi insight bagi Halopewt untuk mengerti tipe-tipe audiensnya. Beberapa insight yang bisa didapat dari campaign ini untuk menjadi pegangan Halopewt adalah:

  • Banyak dari audience Halopewt yang tertarik dengan iklan yang menggugah secara emosional. Dari beberapa ads yang dimiliki ada satu ads yang memiliki engagement terbanyak yaitu ads yang membangkitkan emosi audiencenya.
  • Ads lainnya yang juga berhasil adalah ads yang menyasar wanita dengan single image. 
hasil facebook ads GUA

GUA Bisa Membantu tingkatkan bisnis kamu dengan facebook ads

Berikut perjalanan kami terkait pemasangan iklan di platform facebook atau META. Bagi anda yang tertarik untuk memasang facebook ads namun masih bingung bahkan setelah membaca semua artikel-artikel ini, kami dapat membantu anda. Jangan khawatir soal biaya, sesuai motto yang kami pegang, di awal kami menerima konsultasi secara gratis, bahkan ketika akhirnya anda memutuskan untuk tidak jadi bersama kami. kami tetap memberikan pelayanan yang terbaik. Yuk ngobrol dulu aja!

Artikel Terkait
Partner Go Up Agency
6 Cara GUA Optimasi Shopee untuk Menaikkan Penjualan
Landing Page Go Up Agency GUA
Lading Pages yang baik versi GUA
LOGO yang baik dan benar
Logo yang baik dan benar versi GUA
GO UP! AGENCY (G.U.A)
– Your Growing Partner! –
Contact Us :
📞 0812 8883 9915  |  📧 gua@goupagency.id

Copyright ©️ 2023 Go Up! Agency (GUA).
All Right Reserved